Cara Agar AC Split/Ruang Hemat Listrik


Ac ruang merupakan salah satu alat rumah tangga yang membutuhkan energi listrik cukup besar. Untuk itu ac ruang hemat energi sangat banyak diburu oleh banyak konsumen. Tetapi jika anda memiliki ac standar yang belum memiliki fitur untuk menghemat energi seperti inverter atau low watt. Maka berikut ini cara agar ac ruang anda lebih hemat energi:

   1. Posisi Pemasangan
      Pada saat pemasangan indoor unit sebaiknya memperhatikan sirkulasi udara pada sekitar indoor unit sehingga penyebaran suhu dingin pada ruangan lebih cepat. Pemasangan outdoor unit juga mempengaruhi konsumsi listrik pada ac sebab outdoor unit berfungsi untuk membuang panas sehingga ketika sirkulasi disekitar outdoor unit dan indoor unit tidak lancar maka akan memperberat kerja kompresor dan menambah konsumsi listrik.
   2. Perawatan Berkala
      perawatan atau cuci ac selain berfungsi merawat ac ruang agar lebih awet juga memiliki fungsi menjaga agar kerja mesin pada ac ruang lebih efisien sehingga dapat memaksimalkan kerja mesin dengan konsumsi listrik seminimal mungkin.
   3. Menutup Lubang Udara Ruangan
      Fungsi utama ac ruang adalah untuk mendinginkan suhu udara dalam satu ruang untuk itu jika lubang udara atau fantilasi masih terbuka maka akan menyebabkan udara yang telah turun suhunya akan bertukar dengan udara diluar ruangan sehingga proses pendinginan akan lebih lama dan akan menambah konsumsi listrik.
   4. Pengaturan Suhu
      pengaturan suhu yang paling baik pada ac ruang adalah sekitar 20 - 22 derajat celcius sebab pada suhu tersebut ac ruang akan bekerja lebih setabil (jika diatur diatas 22 derajat celcius kompresor akan sering hidup-mati dan sehingga komresor akan sering melakukan starting hal ini selain memperbanyak konsumsi listrik juga menyebabkan umur kompresor lebih pendek) dan lebih awet (jika diatur dibawah 20 derajat celcius maka kompresor akan bekerja terlalu keras sehingga waktu istirahat kompresor lebih pendek).


Itulah beberapa cara agar ac ruang anda lebih efisien energi tanpa merubah atau memodifikasinya.