Kondensor


kembali seputar refrigerasi. komponen utama sistem refrigerasi salah satunay adalah kondensor, mengapa dikatakan komponen utama? karana komponen ini harus ada di dalam sisstem regrigerasi.

fungsi kondensor ini adalah mengkondensasikan gas refrigeran agar gas refrigeran panas berubah menjadi cairan refrigeran dengan suhu kamar.

kondensor ini bentuknya bermacam-macam, untuk lemari es umumnya cukup berupa pipa-pipa panjang yang di buat sedemikian rupa agar bentuk dan desainnya pas dengan lemari es tersebut, kondensor lemari es juga tidak dilengkapi dengan kipas. lain halnya dengan freezer untuk ice cream, kondensor untuk freezer ice cream berupa pipa-pipa yang diberi lembaran almunium agar proses pertukaran panas semakin baik dan kondensor jenis ini di lengkapi dengan kipas pendingin.

gambar kondensor lemari es
kondensor lemari es sangat sederhana, cara kerjanya cukup simpel. gas refrigeran dengan suhu tinggi yang berasal dari kompressor di mampatkan dan kemudian pipa ini di dinginkan dengan udara kamar (+33 derajat celcius). karena tekanan bertambah dan suhu berkurang kana mengakibatkan gas refrigeran ini mengembun dan berubah menjadi cairan.
lain halnya dengan kondensor yang digunakan untuk sistem refrigerasi yang besar, untuk sistem ini menggunakan cooling tower. sebagai media pendinginnya cooling tower menggunakan udara dan air.

cara kerjanya
gas refrigeran panas masuk kedalam ccoling tower melaui pipa-pipa kondensor didalam pipa konensor gas refrigeran dimampatkan hingga tekananya mencapai 12 Bar. gas refrigeran yang dimampatkan ini juga di dinginkan dengan air yang dipompakan oleh pompa sirkulasi, agar proses pertukaran panas semakin baik maka air yang digunakan untuk mendinginkan refrigeran di hembuskan dengan udara menggunakan blower.