air purger


pada sistem refrigerasi yang baik haruslah dipasang koponen tambahan yaitu air purger. air pureger adalah komponenn yang berfungsi untuk membuang udara asing yang ebrada di dalam sistem refrigerasi. udara asing ini umumnya udara yang tidak dapat di kondensasikan oleh kondensor.

cara kerja air purger.
1. cairan refrigeran berasal dari receiver masuk ke dalam tabung air purger melalui selenoide valve dan ekspansi manual.

2. cairan refrigeran yang masuk ke dalam tabung iar purger suhunya dan tekanan turun karena refrigen ini langsung terhubung dengan saluran suction (-33 derajat / 0,1 bar / R717)

3. gas asing yang tercampur dengan refrigeran yang tidak dapat di kondensasikan berasal dari kondensor dan receiver masuk kedalam tabung air purger, karena di dalam air purger ini suhu dan tekanan sama dengan saluran suction/evaporator maka gas refrigeran akan mengembun dan berubah menjadi cairan.

4. Cairan refrigeran yang berada di dalam air purger setelah melewati batas level akan menggerakan float dan akan mengakibatkan selenoid balik refrigeran terbuka dan cairan refrigeran akan mengalir ke dalam air purger untuk mendinginkan air purger

5. udara asing yang tidak dapat dikondensasikan oleh air purger akan berkumpul dan lama kelamaan tekanan nya akan meningkat, setelah tekanan pada batas level maka presure level akan membuka selenoid velve untuk membuang udara asing ke udara luar

mengapa gas asing ini harus dienyahkan oleh mesin refrigerasi? karena gas ini memberikan efek yang buruk bagi mesin refrigerasi.

Pertama
udara tidak dapat di kondensasikan oleh kondensor, maka akan mengakibatkan tekanan discharge akan meningkat, bila tekanan discharge normalnya (untuk R717) 12Bar maka dengan adanya udara tekanan discharge akan menigkat dan klo sudah mencapai 14-15Bar akan mengakibatkan kerja kompressor menjadi berat, sistem pendinginnan akan terhambat, pemakaian listrik bertambah, prestasi kompressor berkurang.

Kedua
bila ada udara dapat di kondensasikan oleh kondensor maka udara tersebut akan berubah menjadi air bukan cairan refrigeran. bila air berada di dalam sistem maka akan mengakibatkan sistem perpipaan yang berbahan besi akan mengakibatkan korosif dan ini sangat berbahaya.

Ketiga
bila air terbawa oleh refrigeran kedalam evaporator maka akan air tersebut akan membeku di dalam evaporator sehingga mengganggu proses pembekuan.

berhubung untuk membuat gambar kompi lumayan lemot jadi untuk gambar air purger beserta cara kerjanya dapat di lihat pada gambar yang nanti akan saya posting berikutnya